Kontribusi Masyarakat Mengurangi ketergantungan terhadap BBM

BBM naik, LPG naik cari tau apa penyebabnya, ini perkara supply dan demand. Faktanya, posisi Indonesia saat ini adalah Importir BBM, supply dari dalam negeri belum mencukupi demand dalam negeri. Import BBM memang solusi jangka pendek tapi sampai kapan akan terus begini? Demand cenderung terus meningkat sejalan dengan meningkatnya GDP per kapita khususnya masyarakat kelas menengah, mereka mampu untuk membeli mobil pribadi minimal satu, sudah bisa ditebak efeknya thg demand BMM, melarang mereka untuk membeli, gak bakalan bisa, itu hak mereka. Faktanya konsumsi BBM banyak digunakan oleh mobil pribadi, maukah mereka beralih ke transportasi Umum?
Harga BBM dunia dipengaruhi oleh ketersediaan BBM dunia dan harga dollar(terutama bagi negara import BBM, baca:Indonesia), jika supply BBM dunia turun, maka hukum ekonomi akan berlaku, harganya akan terkerek naik, dan berlaku sebaliknya. Faktor kedua, yakni dolar menjadi pemicu kenaikan BBM, karena mata uang yg digunakan dalam perdagangan minyak, jika dollar naik, maka importir minyak harus merogoh kocek lebih dalam, karena selisih mata uang importir dengan dollar. Saat ini dolar naik, sejalan perbaikan ekonomi di Amerika, naiknya dolar juga dirasakan negara lain, tidak hanya Indonesia.

Sudah bisakan cari tau penyebabnya?
Sekarang solusinya bagaimana? kurangi ketergantungan terhadap BBM dan dolar, caranya?

  1. Gunakan/kembangkan energi alaternatif selain BBM, beralih ke Gas yg lebih murah dibanding BBM untuk transportasi, knp lebih murah, karena Gas disupply dan dalam negeri, transaksinya bisa menggunakan rupiah, loh, tapi LPG kok naik lagi, katanya disupply dari dalam negeri, hehehe mengirimkan LPG dari sumbernya ke masyarakat memerlukan biaya, karena pengangkutnya pakai truk yg juga pakai BBM, sudah tau kan kanapa LPG naik, waktu BBM naik.
  2. Gunakan mata uang rupiah untuk transaksi, paksa mereka yang bertransaksi dengan Indonesia menggunakan rupiah, atau gunakan mata uang lain yg relatif stabil terhadap rupiah.

Sekarang bagaimana kontribusi masyarakat untuk mengurangi ketergantungan tersebut

  1. Gunakan angkutan umum, untuk menekan penggunaan BBM oleh mobil pribadi, dampaknya bisa mengurangi kemacetan loh, selain itu meningkatkan distribusi pendapatan ke masyarakat berpendapat rendah, yakni para sopir dan kernet.
  2. Beli/gunakan/konversi (jika terpaksa) kendaraan pribadi berbahan bakar gas, sudah banyak kok, dijual konverternya dipasaran
  3. Gunakan rupiah untuk transaksi, yg punya dana untuk pelesir, pelesirnya cukup di lokal saja, gak perlu ke singapura atau hongkong, raja ampat atau Gili labak tau kalah menarik.
  4. Cintai produk Indonesia, beli produk yang diproduksi dan bahannya yang dari Indonesia, kurangi penggunaan produk dari luar negeri, biar rupiah tidak menguap ke luar negeri

Mau tidak, anda ikut berkontribusi?



Ninggalin jejak di sini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s