Perbedaan Warna

Berbeda itu sebuah anugrah, anda bisa membayangkan jika ingin melukis anda hanya punya satu warna putih yang sama dengan warna canvas. Perbedaan terkadang menyulut konflik jika itu menyangkut SARA terutama agama, gak usah antar agama dalam satu agama terkadang muncul konflik karena berbeda.

Sudah jamak kalau warna diidentikkan dengan sebuah aliran/faham, misalnya merah untuk nasionalis, Hijau untuk NU, biru untuk Muhammaadiyah dan ini juga berlaku untuk organisasi kemahasiswaan baik intra atau ekstra(semi otonom).

Tapi terkadang saya sedikit nyesek kalau ada yang bertanya kamu NU atau Muhammadiyah. Saya Oreng(orang) Sumenep Madura dan anda sudah tau kalau Madura merupakan basis dari NU. Orang tua saya seorang Muhammadiyah dan termasuk salah pelopor pergerakan Muhammadiyah di kota Sumenep dan istri saya dari kalangan NU. Kembali ke pertanyaan sebelumnya, dan jawabannya adalah “Saya Biru”, biru dalam bahasa madura artinya warna hijau dalam bahasa indonesia, lah terus yang benar yang mana, biru(Muhammadiyah) atau hijau(NU)? okay saya jawab “saya Muhammadiyah yang ikut qunut dan tahlilan”.

Ayah saya jadi panutan, walaupun seorang Muhammdiayah kalau ada yang menyelenggarakan tahlilan beliau tetap datang, kalau ke Masjid tidak pernah memandang itu Masjid Muhammadiyah atau NU, kalau datang ke pengajian tidak pernah memangdang siapa pembicaranya, Kyai NU atau Ustad Muhammadiyah atau hari raya berbeda anak-anaknya diberi kebebasan untuk mimilih. Bagaimana dengan saya? hal yang sama juga saya lakukan.

Perbedaan warna itu indah

Saya Biru!


3 Comments on “Perbedaan Warna”

  1. intinya, perbedaan itu indah. tergantung gimana kita melihat perbedaan itu. kalo kita cuma lihat perbedaan dari sisi buruknya aja, pasti bakalan jelek. kalo kita lihat perbedaan dari sisi baiknya pasti bakalan indah. lagian didunia ini indah kok, pelangi aja warna-warni, masa manusia cuma satu jenis..

  2. itu urusan dirimu dengan Tuhanmu sendiri. perbedaan itu cuman bikin kita mengerdilkan arti manusia yang seharusnya saling membantu apa pun warna kulitnya, warna matanya, pun warna agamanya. nda usah dipikirkan….
    lakukan apa yang baik menurutmu dan agamamu, bukan apa kata orang lain tentang agamamu.

  3. Hmmm kalau saya sih, jujur engga bedain antara acara orang Biru ataupun Hijau. Kalau sreg dihati dan ada waktu ya berangkat, kalau engga ya engga berangkat😀


Ninggalin jejak di sini

