(2/333) The Envelope Method

Jika anda termasuk orang yang sulit mengatur keuangan, The Envelope Method adalah cara yang bagus untuk merencanakan anggaran keuangan bagi anda, baik yang sudah berkeluarga ataupun masih bujang.

Cara ini menggunakan amplop sebagai alat bantu. Caranya sangat sederhana yakni dengan memisahkan uang cash anda kedalam pos-pos pengeluaran/anggaran setiap bulan/tahun kedalam amplop. Misalkan pos-pos pengeluarannya cicilan utang, sewa rumah, makan, transport atau hura-hura😀. Eeeetts jangan lupa pos untuk tabungan😉.

Khusus tabungan sebaiknya anda pisahkan/lakukan diawal bulan ketika menerima gaji, minimal 10% sukur-sukur bisa 30% dari pendapatan anda dalam satu bulan, jangan gunakan tabungan tersebut kecuali memang amat sangat mendesak. Sisa uang anda bagi kedalam pos-pos diatas sesuai kebutuhan, ingat ya sesuai kebutuhan bukan keinginan.

Disiplin penggunaan anggaran sesuai pos/rencana adalah kuncinya. Gunakan dana masing-masing amplop sesuai pos anggaran, jangan menukar dana anggaran antar amplop karena akan merusak rencana keuangan anda yang sudah direncanakan diawal bulan. Jika dana anggaran amplop/pos tertentu sudah habis jangan pernah menggunakan dana amplop/pos yg lain.

Diakhir bulan lakukan review kembali penggunaan anggaran apa yang meningkat/menurun sehingga anda bisa merencanakan formula anggaran yang paling tepat untuk bulan depan lagi.



Ninggalin jejak di sini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s