Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor online via E-Samsat Jatim

Berawal dari Postingan Ditlantas Polda Jatim di Facebook tentang fasilitas pembayaran pajak kendaran online, saya tertarik untuk mencobanya fasilitas baru tersebut. Kebetulan pajak kendaraan tahun ini saya telat bayar(lagi), hahahaha telat kok yo rutin. Anda bisa bisa pake fasilitas tsb lewat link berikut http://www.esamsat.jatimprov.go.id/.

Pengalaman tahun lalu membayar pajak kendaraan yang kena “biaya plus-plus” , kali ini aku share pengalaman menggunakan fasilitas baru ini. Berikut ini adalah petunjuk yang dari Postingan Ditlantas Polda Jatim

Tampilan  homepage E-Samsat Jatim seperti berikut

r

Berikut ini adalah cara penggunaannya,

Langkah Pertama

Langkah ke dua

Langkah ke tiga

Langkah ke empat

Langkah terakhir

Setelah mendapatkan kode Bayar, anda bisa membayar pajaknya via ATM, E-Banking atau melalui teler. Setelah dari Bank anda masih harus melakukan pengesahan pajak di Kantor Samsat.

Komentar(positif) saya dari fasilitas sistem pembayaran baru tersebut secara penggunaan memang mudah, step-stepnya simple dan petunjuk penggunaannya lengkap dan jelas. Komentar(negatif) saya, bank yang disupport terbatas hanya bank Mandiri saya sedangkan bank sejuta ummat aka  BCA masih belum. Selain itu, kita masih harus melakukan pengesahaan di kantor Samsat, artinya setelah kita membayar via Bank kita masih pergi ke kantor Samsat untuk melakukan pengesahan yg lokasinya jauh dari rumah. Alhasil saya gak jadi pake fasilitas ini, karena lebih mudah bayar via Samsat Corner yang sistemnya one stop service seperti yang saya lakukan di tahun sebelumnya.

Demikian sharing saya kali ini, semoga bermanfaat.

NB: Selama saya ngetik postingan ini saja lagi gtalk-an ama mbak Briptu Devieriana, Dan alhasil saya sukses ngeblog di window Gtalk punya mbak Briptu =))

About these ads

21 Comments on “Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor online via E-Samsat Jatim”

  1. Ina says:

    TAHUN 2012 saya udah pke cara ini, dan saya gak ngurus gak pke pengesahan segala. yang penting bayar dan slip atm aku simpan. syukurlah ga ada pernah kena masalah.
    tadi udah jauh2 siang2 panas maunya ke samsat corner yg di bratang, e e gak ada … alhasil harus balik cara atm aja dweh

  2. saya mau balik nama BPKB Daihatsu charade Thn.1984 N1547FA malang turen ke kab. Bojonegoro STNK mati 5 thn nomor pelat bulan 12 tgl 12 sudah mau mati. gimana cara ngurusnya dan berapa besar tarifnya. thanks 08563497856

  3. darin mumtazah says:

    ini kalo untuk bayar mobil luar propinsi gmn ya?

  4. issachar says:

    akirnya kan harus ke samsat juga buat ambil bukti pajak yang baru (yg ada di halaman belakang stnk), kenapa ga sekalian aja bayar ke samsat.
    hahah walau udah bayar pajak tapi kalo polisi liat belakang stnk belum ada bukti yg baru (karna malas ke samsat kejauhan) ya tetep ditilang kan?

  5. iwan - JEMBER says:

    bagus.. bagus…kan dimudahkan. dan mudah2n emang dimudahkan.

  6. ada yang tahu kode samsat u bayar pajak di internet bangking mandiri?

  7. ranu says:

    tetep ke samsat jg, trus fungsi sebenarnya bayar on line itu apa …?
    saya tau pasti untuk buat program on line itu tdk murah … trus buat apa …? akhirnya ke samsat juga

    • gilang says:

      Fungsi pembayaran on-line tentu saja untuk memberikan kemudahan para pemilik kendaraan bermotor dalam membayar pajak. Di Bank Mandiri pembayarannya bisa melalui ATM, internet banking, sms banking, ataupun melalui cabang Bank Mandiri terdekat, kapanpun dimanapun.

      Bayangkan kita tidak perlu repot2 lagi untuk mengantri pembayaran pajak kenaraan bermotor. Batas waktu yang diberikanpun sampai pukul 24:00 setiap harinya dan bukan jam tutup kantor samsat. Selain itu jumlah yang dibayarkan benar2 sesuai dengan kewajiban kita sehingga tidak perlu repot menyediakan uang tunai dan tidak ada permainan oknum disana. Praktek percaloan juga bisa dikurangi dengan sistem ini.

      Memang saat ini fungsinya hanya untuk pembayaran. Untuk bukti bayar pajaknya masih harus diambil ke kantor samsat. Hal ini karena bank memang bukan instansi yang berhak mengeluarkan surat bukti lunas pembayaran pajak, kecuali jika bukti pembayaran yang dikeluarkan oleh pihak bank sudah dianggap sebagai surat bukti lunas pembayaran pajak.Harus ada kesepakatan terlebih dahulu antara Kementrian Dalam Negeri, BUMN, POLRI, serta pihak2 yang terkait.

      Thks :)

      • Gasela says:

        Paling lambat kapan menyerahkan bukti bayar ke samsat nya? setelah selesai bayar online. apa bisa kapan saja…? saya posisi kerja luar provinsi soalnya…. thanks

  8. bebe says:

    sebenarnya yang bener itu ya cukup struk bukti transaksi bayar di atm dah cukup…
    ngapain lagi ke samsat buat pengesahan….
    yang penting kan bayar…
    toh kalau ke samsat pasti ada biaya lagi…
    mencegah terjadinya oknum2 yang haus uang….

  9. bebe says:

    ntar kalo sudah 5 th ganti plat nomer baru kita ke samsat….
    mantap toh…

  10. indra says:

    aku ko ga bisa ya masuk ke websitenya http://www.esamsat.jatimprov.go.id/, katanya this connection is untrusted,padahal aku hari ini mau bayar tapi samsatnya tutup dan baru buka lagi tgl 2 januari,tolong dong gimana caranya biar bisa bayar pajak online. thank’s

    • samudi praolo says:

      aku ada motor cina gan.. dapet dari temen yang pinjam duit i jeti waktu itu. sekarang dah lima tahun teman yang pinjem duit dengar2 jadi TKI. mo nanya gimana ngurus pajaknya ya…

  11. Nanda Perdana says:

    di BANK JATIM udah bisa kok bro.,.,q bayarnya disitu cepet kok.,.,coba aja.,.,di daerah manapun.,.,

  12. Rischa says:

    Thanks infonya :)

  13. agung says:

    bisa gk byar pjak motor sma gnti plat nomor pkai ktp yg alamatnya beda krena ktp sbelumnya pndah alamat(pindah kota) t

  14. ika says:

    Aduuh kirain pajak online tuh bs untuk mempermudah pemilik kendaraan membayar pajak kendaraan bermotor yg plat nomornya luar kota bs diurus disamsat terdekat atau di urus disamsat daerah yang berlainan provinsi dengan plat nomor kendaran,ternyata yg dimaksud online tuh bayar lwt atm,e-banking,m.banking,atau sms banking tho.Ooooo

  15. Hafid Joe says:

    Emang kalo ndak di konfirmasi ke samsat setelah bayar via atm sudah otomatis terbayar di status pajak STNK nya?

  16. Sulaiman says:

    mending di bank jatim capem uwks surabaya di situ ada tempat pembayaran Pajak kendaraan bermotor cepat, dan praktis banget. kalau nasib bagus (alias gak antri) gak sampai 5 menit selesai.(alias gak antri)


Ninggalin jejak di sini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,620 other followers